TUGAS DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN_CGP A1 PENI LESTARI

 

1.1.a.5.1. Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

 

1.1.a.5.1. Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

 

Tugas 2 DAN 3

 

Hasil Diskusi Ruang Kolaborasi oleh :

CGP Angkatan 2 Kabupaten Temanggung Kelas A – 1

1. Adhie Listia Widhia W. - SDN 3 Kemiriombo

2. Nurdiyati - SDN Plosogaden

3. Aminah - SDN Jamusan

4. Peni Lestari - SMP Negeri 4 Temanggung

5. Antariksa Budiyatama - SD 3 Pendowo

 

ALUR KERANGKA MERDEKA BELAJAR

 



Salam Bahagia

Salam Guru Penggerak

 A. Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’ : Gotong-royong

B. Sumber potensi yang dimiliki Sekolah:

  • Ekstrakurikuler ( pramuka, rebana, )
  • Peduli Lingkungan ( Bank Sampah, Jumat bersih)
  • Dukungan dari sekolah dan lingkungan

Alur Kerangka Merdeka Belajar adalah :

1.         Tujuan Utama Merdeka Belajar

Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

2.         Profil Pelajar Pancasila yang kami pilih adalah :

Gotong Royong

3.         Kompetensi Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah :

•    Memahami tujuan gotong royong.

•    Memahami makna dan manfaat gotong royong.

•    Melakukan kegiatan gotong royong di sekolah, keluarga dan lingkungan.

4.         Indikator ketercapaian dari Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah :

•   Peserta didik mampu memahami tujuan dari gotong royong di sekolah, keluarga dan lingkungan masyarkat.

•   Peserta didik mampu memahami makna dan manfaat dari gotong royong di sekolah, keluarga dan lingkungan masyarkat.

•   Peserta didik mampu mengimplementasikan gotong royong di sekolah, keluarga dan lingkungan masyarkat.

5.         Elaborasi dan pelaksanaan konkret di sekolah dan di kelas kami adalah :

a. Yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah mengembangkan budaya gotong royong di lingkunga sekolah, keluarga dan masyarakat. Memberikan umpan balik setelah melakukan kegiatan gotong royong berdasarkan pengamatan dan cros cek cerita dari peserta didik.menceritakan pengalamannya tentang kebinekaan yang pernah peserta didik alami.

b.  Alasan kami memilih Gotong Royong sebagai Profil Pancasila adalah agar Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, mengikis sifat individualisme, memupuk kekekluargana dan persatuan

c.   Untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong di perlukan kegiatan dan pembiasaan dalam bekerjasama.

d.   Pihak yang terlibat dalam kegiatan Gotong Royong tersebut adalah :

ü  Peserta didik yang berperan sebagai objek pencapaian Pelajar Pancasila Gotong Royong.

ü  Guru among yang berperan sebagai pembimbing, fasilitator, penuntun dan pelatih dalam pencapaian Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila

ü  Orang tua dan masyarakat sebagai pihak kontrol sosial di luar sekolah.

 


1 komentar:

  1. Alur kerangka pembelajaran sudah sesuai dengan profil pelajar pancasila yang dipilih, akan lebih baik jika kalimat cerita dari peserta didik menceritakan pengalamannya tentang kebinekaan yang pernah peserta didik alami di ganti dengan cerita dari peserta didik menceritakan pengalamannya tentang gotong royong yang pernah peserta didik alami, teruskan usaha pembiasaan kerja samanya

    BalasHapus